Demo Blog

Selayang Pandang SMP Plus Darul Ilmi

by j@ro on Nov.22, 2009, under

SMP Plus Darul Ilmi merupakan sebuah sekolah persiapan yang didirikan pada tahun 2009. Sekolah ini adalah salah satu perwujudan dari sebuah angan-angan 'mendambakan pendidikan yang berkualitas' yang telah lama diimpikan oleh salah seorang pendidik di kecamatan Gununghalu kabupaten Bandung Barat. Dengan berbekal keteguhan hati dan niat yang ikhlas, Dede Saripudin, S. Pd membuka SMP Plus Darul Ilmi di sebuah kampung kecil yaitu Kampung Warungkupa Desa Bunijaya Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat. Pada awalnya, beberapa pihak meragukan ide ini. Namun dengan bertawakal kepada Alloh SWT, Alhamdulillah sebanyak 17 siswa mendaftar sebagai siswa baru kelas VII. Dalam satu tahun perjalanannya, sekolah ini baru mampu bertahan dan belum menunjukkan prestasi apapun. Hanya tekad suci yang dimiliki pendiri dan para pendidik yang berkiprah di SMP Plus Darul Ilmi-lah yang membuat sekolah ini memiliki prospek yang bagus.

Mengapa dikatakan SMP Plus?
Sekilas memang sekolah ini tampak biasa-biasa saja.Namun,
apabila kita cermati pendidikan yang diselenggarakan di dalamnya tidak mustahil banyak orang yang terkejut. Di tengah kesederhanaan fasilitas yang belum memadai, dicanangkan program Pendidikan Berbasis Multiintelegensia. Meski terkesan semerawut (ruang kelas seluas 5 x 7 m) namun fasilitas lainnya benar-benar dimanfaatkan untuk mendongkrak kemampuan siswa. 6 Unit komputer dengan jaringan internet selalu siap melayani 'dahaga'nya siswa akan ilmu pengetahuan. Selain itu, kurikulum yang digunakan adalah kurikulum modifikasi (kurikulum 2006 dan kurikulum pesantren serta kurikulum lokal yang berbasis lifeskill). Dengan kurikulum modifikasi tersebut, siswa memperoleh pelayanan maksimal dalam proses pendidikan. Mata pelajaran wajib (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, TIK, SBK, Penjaskes, dan Bahasa Sunda) dikolaborasikan dengan mata pelajaran PAI yang diperluas (Fiqih, Al-Qur'an-Hadits, Akidah Akhlak, dan Bahasa Arab). Mata pelajaran khas SMP Plus Darul Ilmi (Keterampilan Agroculture, Keterampilan Home Industri, Keterampilan Tata Boga, dan Keterampilan Informasi-Komunikasi) turut melengkapi kurikulum sekolah ini.
Kurikulum tersebut masih dilengkapi dengan berbagai kegiatan Ekstrakurikuler (Seni Baca Al-Qur'an Qiro'at Sab'ah, Tata Boga, Agroculture, Seni Bela Diri Taekwondo, Gerakan Pramuka, Brown Patriot's Troop, Seni Musik Islami dan Modern, Kelompok Ilmiah Remaja, dan lain-lain).
Pembelajaran di sekolah ini dimulai dari pukul 07.30 dengan diawali tadarus Al-Qur'an sampai pukul 12.00 dengan diakhiri bimbingan sholat Dzuhur berjama'ah.

Apakah biaya sekolah di SMP Plus Darul Ilmi MAHAL??
Jawabannya adalah Rp. 0-,... artinya SMP Plus Darul Ilmi tidak menarik biaya sedikitpun kepada siswanya. Biaya Pendidikan ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah melalui Dana BOS. Biaya pendaftaran, SPP, buku, sampai seragam sekolah dan pakaian olahraga semuanya GRATIS...

Kini, SMP Plus Darul Ilmi sedang terus berbenah dan mempersiapkan diri untuk mencapai taraf yang lebih baik. Semoga...
0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Labels

Sample Widget

Mencari Sesuatu?

Gunakan kolom berikut untuk mencari:

Mohon maaf jika tidak tersedia!

Admin

Foto saya
Aku adalah Aku Keinginanku adalah Impianku Impianku adalah Tujuanku Tujuanku adalah Hidupku